LBH Chakrabhinus Mendampingi Warga Lebak di Mabes Polri dalam Gelar Perkara Kasus Mafia Tanah

4
Sep 2023
Kategori : Siaran Pers
Penulis : admin
Dilihat :49x

JAKARTA, 4 September 2023 – Tim kuasa hukum dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Chakrabhinus mendampingi puluhan warga Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak, Banten, dalam menghadiri undangan gelar perkara khusus yang berkaitan dengan kasus mafia tanah yang diduga terjadi di wilayah tersebut.

Gelar perkara ini dilaksanakan di gedung Biro Pengawasan Penyidikan Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta. Proses gelar perkara ini berlangsung sebagai tindak lanjut atas laporan-laporan yang diajukan oleh warga yang merasa dirugikan akibat tindakan para mafia tanah yang diduga beroperasi di Kecamatan Cimarga.

Ada tiga laporan polisi telah diajukan oleh warga terkait dengan kasus mafia tanah ini. Salah satunya adalah laporan warga Kampung Sarimulya, Desa Jayasari, dengan nomor LP/B/67/III/2023/SPKTII.DITRESKRIMUM/POLDA BANTEN, tertanggal 14 Maret 2023. Dalam laporan ini, Pasal yang diterapkan adalah Pasal 170 KUHPidana dan/atau Pasal 406 KUHPidana.

Tim kuasa hukum yang hadir dalam gelar perkara ini terdiri dari Ujang Kosasih, S.H. dan H. Rudi Hermanto, S.H.

Selain didampingi oleh kedua kuasa hukum, para warga yang menjadi korban juga turut didampingi oleh aktivis dari LBH Chakrabhinus serta aktivis dari Koalisi Masyarakat Banten Bersatu.

Ujang Kosasih menyampaikan bahwa dalam proses ini, telah dihadirkan ahli pidana untuk memberikan pandangan serta analisis mengenai kasus mafia tanah yang tengah diselidiki.

Menurut Ujang Kosasih, terungkap dalam gelar perkara bahwa sejumlah sertifikat tanah yang awalnya diduga diperoleh dengan cara tidak sah oleh pihak terlapor, kini telah dikembalikan kepada warga sejak kasus ini mencuat. Namun, Ujang Kosasih menekankan bahwa pengembalian sertifikat tersebut tidak serta merta menghentikan proses penyelidikan dan penyidikan yang telah dimulai, karena warga telah lebih dahulu melaporkan kasus ini kepada pihak kepolisian.

Rudi Hermanto menambahkan bahwa dalam gelar perkara ini juga terungkap bahwa warga sangat mendesak agar seluruh para terlapor dan oknum yang terkait dalam masalah ini segera diadili. Dugaan keterlibatan mantan penguasa Lebak dalam kasus mafia tanah ini juga tidak dapat diabaikan.

LBH Chakrabhinus akan terus mendukung upaya warga untuk mencari keadilan dalam kasus mafia tanah ini dan akan memastikan bahwa proses hukum berjalan dengan transparansi dan keadilan yang sesuai dengan hukum yang berlaku. LBH Chakrabhinus juga akan terus memantau perkembangan kasus ini dan bersama-sama dengan warga, berkomitmen untuk memastikan penegakan hukum yang adil dan berkeadilan.

Untuk Informasi Lebih Lanjut:

YLBH Chakrabhinus
Telepon: 08111461966
Email: cakrabhinus@gmail.com

Tidak ada komentar

Tinggalkan komentar